PROFIL PERPUSTAKAAN CAKRAWALA MEDIA PUSTAKA
PROFIL PERPUSTAKAAN
CAKRAWALA MEDIA PUSTAKA
A. Latar Belakang
Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar
untuk mendukung tercapainya hasil belajar siswa yang berkualitas. Perpustakaan
sekolah sangat dibutuhkan oleh para pendidik dan tenaga kependidikan serta
siswa guna memperluas dan memperdalam pengetahuannya.
Keberadaan perpustakaan sekolah yang utama adalah untuk
menunjang proses pembelajaran di sekolah serta untuk menumbuhkembangkan minat,
dan kebiasaan membaca anak-anak dan memanfaatkan buku-buku bacaan sebagai
sumber informasi, memupuk daya tarik dan daya kritis serta menyumbangkan
kegemaran pribadi mereka dengan membaca.
Terkait dengan hal tersebut, maka perlu adanya perhatian
khusus dari seluruh stakeholder terutama para penyusun dan pengambil keputusan
untuk dapat membantu mengembangkan perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, para
guru dan juga Karyawan SMP Bruder Pontianak, melalui petugas perpustakaan
sekolah berusaha untuk mengelola, menata dan mengembangkan perpustakaan SMP Bruder
Pontianak secara maksimal dan diselaraskan dengan visi dan misi sehingga
mempunyai daya tarik bagi siswa untuk berkunjung.
B. Sejarah Perpustakaan SMP
Bruder Pontianak.
Ruang perpustakaan SMP Bruder pada tahun 1956 Sampai tahun 2018 masih Bergabung dengan perpustakaan SMA Santo Paulus yang dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Sekolah Bruder. Pada tahun 2018 SMP Bruder di rehap dan perpustakaan SMP Bruder dipisah dari Perpustakaan SMA Santo Paulus. Hadirnya gedung perpustakaan SMP Bruder yang baru merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan daya tarik baca dan pembelajaran di SMP Bruder Pontianak. Penataan dilakukan secara bertahap dengan berbagai kreativitas seperti penataan di area dalam perpustakaan rak buku, koleksi buku referensi dan kamus, meja baca, area koleksi dan ruang baca, area kerja dan meja, fasilitas komputer dan printer. Perpustakaan SMP Bruder Pontianak dikelola oleh 2 orang yang terdiri dari pelayanan peminjam dan pelayanan teknis.
Pada tahun 2020 berdasarkan program dari Kepala SMP Bruder maka Perpustakaan SMP diberi nama Cakrawala Media Pustaka. Nama Cakrawala Media Pustaka resmi digunakan pada Jumat, 10 Juli 2020. Awal desain logo Perpustakaan Cakrawala media Pustaka pada Kamis, 01 April 2021 dan finishing desain menggunakan adobe photoshop pada Selasa, 11 Mei 2021. Nama Perpustakaan Cakrawala Media Pustaka ini sendiri memiliki arti bahwa sebuah perpustakaan dibaratkan seperti cakrawala yang begitu luas dengan pesonanya. Sehingga dapat diartikan bahwa perpustakaan ini sendiri sangat penting dalam lembaga pendidikan dan masyarakat. Logo diberi warna cerah dan masing-masing warna memiliki arti tersendiri. Penjelasan pewarnaan terlihat di bawah ini.
Deskripsi :
Huruf
C melukiskan cakrawala atau alam semesta yang luas dengan warna biru cerah
merupakan warna favorit dan sangat disukai banyak orang, terkesan konservatif
dan tradisional. Mewakili ketenangan dan tanggungjawab, lebih kuat dan dapat
diandalkan. Pelangi yang selalu muncul sebagai fenomena alam yang menghiasi
cakrawala setelah terjadinya hujan. Menunjukkan bahwa ada keindahan yang
terjadi setelah terjadinya mendung dan hujan.
Buku
berwarna biru cerah memberi kesan bahwa buku merupakan sumber ilmu yang tiada
batasnya dan selalu menarik untuk dibaca.
Warna
hijau pada huruf M dan pelangi melambangkan kehidupan alam semesta yang segar
dengan warna hijau tumbuhan. Mewakili ketenangan, keberuntungan, kesehatan dan
emosi serta sebagai warna ciri khas dari SMP Bruder Pontianak.
Warna
oranye yang merupakan warna kombinasi dari warna merah dan kuning pada huruf P
dan lingkaran melambangkan perasaan yang energik , senang, antusias dan hangat.
Sering digunakan untuk menarik perhatian. Sehingga diharapkan mampu untuk
menarik perhatian dan minat baca untuk siapa saja.
Warna
putih pada latar memberi kesan mampu menenangkan, kebebasan, keterbukaan, suci
dan bersih serta minimalis.
A. Visi dan Misi
Visi :
Terciptanya perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, ilmu pengetahuan dan wahana informasi pendidikan.
Misi :
1. Menyediakan koleksi bahan pustaka yang menunjang kegiatan
pembelajaran di sekolah.
2. Menjadikan perpustakaan lebih bermanfaat, menyenangkan dan
nyaman bagi pengunjung.
3. Menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi teknologi
dan komunikasi, ilmu pengetahuan.
4. Meningkatkan semangat gemar membaca bagi warga sekolah.
5. Mengembangkan koleksi buku sebagai sumber informasi yang
berorientasi pada kebutuhan pengguna.
6. Memotivasi para pengguna perpustakaan agar frekuensi
kunjungan ke perpustakaan meningkat.
B. Struktur Organisasi
A. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses pelayanan
perpustakaan terdiri dari:
1. Rak Buku dua muka 6 buah
2. Lemari 2 buah
3. Meja sirkulasi 2 buah
4. Meja dan kursi baca
5. Meja kerja petugas perpustakaan 2 buah
6. 1 buah computer, satu buah printer, 1 buah scan barcode, 2
buah unit AC, 1 unit telpon, 1 buah globe
7. Papan program kerja perpustakaan
8. Papan peraturan ketertiban perpustakaan
9. Buku pengunjung perpustakaan
10. Kertas, pulpen, spidol, staples, gunting, pisau cutter,
tinta, plastic sampul buku dan penggaris.
11. Lem perekat untuk kartu peminjam buku, jepitan kertas,
stempel dan bantalan stempel
12. Buku inventaris bahan-bahan pustaka, daftar klasifikasi,
daftar buku atau katalog buku, daftar pemeliharaan/perbaikan bahan pustaka,
serta daftar buku tamu.
13. Sapu, skop, tempat sampah dan kemoceng.
B. Koleksi Perpustakaan
Buku koleksi yang ada di perpustakaan SMP Bruder terdiri dari:
1. Buku Pelajaran
2. Buku Referensi
Sistem pelayanan terbuka
sehingga mempermudah peserta didik mencari bahan koleksi
A. Pemustaka Perpustakaan
Pemustaka atau orang yang menggunakan fasilitas layanan
perpustakaan adalah peserta didik, guru dan karyawan SMP Bruder Pontianak.
Suasana ruang baca
perpustakaan Cakrawala Media Pustaka sebelum pandemi
B. Layanan Perpustakaan
Sistem layanan yang digunakan di perpustakaan SMP Bruder
Pontianak adalah pelayanan bersifat terbuka setiap pengunjung perpustakaan
dapat masuk ke penyimpanan buku, memilih langsung dan mengambil sendiri
buku-buku yang akan dibaca atau dipinjam.
Adapun jenis pelayanan di SMP Bruder Pontianak yaitu:
1. Pelayanan Sirkulasi
Pelayanan yang berkenaan
dengan peminjaman dan pengembalian buku koleksi perpustakaan. Tugas pokok
pelayanan sirkulasi ini yaitu: Melayani dan menyelesaikan administrasi
peminjaman dan pengembalian buku, Membuat tata tertib serta pengumuman tentang
peminjaman dan pengembalian buku. Bentuk peminjaman dalam layanan sirkulasi di SMP Bruder
Pontianak berupa:
a. Sistem daftar, dimana setiap pengunjung dan peminjam harus
mengisi buku daftar kunjungan yang telah disediakan berupa tanggal pengunjung
dan peminjam, nama, dan identitas lainnya.
b. Sistem Scan Barcode, setiap peminjam harus menscan terlebih
dahulu buku-buku yang akan dipinjam sehingga bisa diketahui kapan buku itu
dipinjam dan kapan harus dikembalikan. Maksimal buku yang dipinjam 3 buah buku.
2. Pelayanan Reference
Pelayanan reference ini
berupa buku referensi atau catalog sifatnya memberi petunjuk buku-buku apa saja
yang tersedia di Perpustakaan SMP Bruder Pontianak sehingga dapat di gunakan
setiap saat.
A. Kerja Sama Perpustakaan
Perpustakaan SMP Bruder bekerja sama dalam bentuk pengembangan koleksi perpustakaan dengan pihak Yayasan, SMA SD, SMP Bruder juga melakukan kerjasama dengan Dinas Perpustakaan yaitu dalam bentuk pendidikan dan pelatihan yang di adakan oleh Dinas Perpustakaan.
B. Promosi Perpustakaan
SMP Bruder Pontianak selama ini belum melakukan promosi dengan pihak luar. Tetapi bentuk promosi yang dilakukan dengan cara memberitahukan kepada siswa yang baru pada saat mereka berkunjung ke perpustakaan kalau ada koleksi buku baru.
Komentar
Posting Komentar